Jumat, 16 Januari 2009

KEMAMPUAN BERSOSIALISASI

Dalam pembahasan Kemampuan Bersosialisasi akan coba saya sedikit jelaskan mengenai seberapa penting seorang guru memiliki sikap mampu bersosialisasi dengan lingkungannya.
Pada dasarnya kita sebagai calon seorang guru agama haruslah memiliki kematangan bersosialisasi agar mampu membangun sutu pekerjaan besar karena terhimpunnya kekuatan-kekuatan. Kematangan bersosialisasi ini bertujuan agar kita sebagai seorang guru dapat memiliki kepekaan social yang tinggi dalam dunia pendidikan dan masyarakat pada umumnya, kematangan bersosialisasi sangatlah terkait dengan perkembangan social seseorang yang berarti memiliki kemampuan berprilaku yang sesuai dengan tuntutan social, dengan demikian bersosialisasi itu

sama artinya dengan dapat membina suatu pertemanan/persahabatan yang baik antara sesama manusia.
Karena persahabatan itu sangatlah penting dalam kehidupan kita untuk penyebar dakwah atau kepentngan-kepentigan lain dalam memjalankan kehidupan. Dan disiniilah kita sebagai calon guru Agama haruslah memiliki kematangan bersosilisasi yang baik agar dapat membangun suatu pekerjaan besar karena terhimpunnya kekuatan-kekuatan. Karena pada dasarnya kematangan bersosialisasi sangat terkait dengan perkembangan social seseorang, sedangkan perkembangan social bararti erolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan seseorang.
Dalam pembahasan mengenai kemampuan bersosialisasi ini ada beberapa karakter yang harus dimiliki seseorang dalam upaya kematangan bersosilisasi antara lain:
1. Memahami orang lain
2. Peduli terhadap sesama
3. Berbagi dngan orang lain
4. Rasa menolong orang lain
5. Toleransi
6. Senang bersosilisasi
7. Tertib aturan
Dalam beberapa minggu saya menjalankan program ini saya merasa banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan saya kearah yang lebih baik dengan itu saya menyadari sangatlah penting kita dapat bersosialisasi dengan baik antar sesama dengan mempunyai sifat yang baik pastilah kita dapat disukai banyak orang dengan itulah pentingnya kita memiliki kematangan bersosialisasi. Tetapi masih banyaklah kekurangan yang ada dalam diri saya yang membuat saya terkadang bisa mengabaikan proses ini dengan beberapa landasan tetapi Alhamdulillah saya telah dapat menjalankannya denagn baik walaupun belum sepenuhnya baru sekitar 75% yang saya telah jalani, dan tentunya saya akan berusaha menjalani program ini semaksimal mungkin agar dapat terciptanya suatu pengaruh yang besar dalam diri saya. Yang dapat menjadikan diri saya mengerti akan toleransi antara sesama manusia, saling tolong menolong, peduli dengan orang lain, dengan kondisi itulah saya dapat memotivasi diri saya agar dapat merasakan penderitaan orang lain dan dapat tergerak hati saya untuk menolongnya denagn beberapa hal yang dapat menunjukan kepedulian berbagi dan melayani sesama.
yang pertama dengan perbuatan saya berusaha dapat membantu dan bersikap baik terhadap seseorang yang membutuhkan bantuan. Kedua, dengan perkataan dapat mengucapkan hal-hal yang baik kepada sesama yang memberikan suatu nasihat dengan simpati jika dibutuhkan terkadang kata-kata yang baik adalah kata-kata yang jusru tidak diucapkan karena lebih baik diam dri pada berbicra yang dapat menyakiti perasan orang lain, apalagi menyebar gossip yang tidak benar atau cerita-certa kejam yang seandinaya pun itu benar. Ketiga dengan pemikiran karena dengan pemikiran yang positif dan doa bisa sangat besar kuasanya kita bisa berbuat baik kepada seseorang hanya dengan pemikiran-pemikiran yang baik tentangnya. Keempat, denagn materi hendaknya kita dpat berbagi dengan sesama orang yang sangatlah membutukan dengan memberikan sedikit makanan kepada orang yang kelaparan dan lihatlah disekeliling kita terkadang pemberian itu mengharapkan imbalan disinilah kita dapat berusaha merubah presepsi kita yang tidak baik itu muungkin itu adalah watak yang tidak bagus dan harus dihilangkan.
Salah satu yat Al-quran yang menjelaskan tentang kematangan bersosialisasi adalah surah Al-maidah ayat 2 yang berbunyi:
“……Dan tolong menolonglah kamu dalam kebaikn dan taqwa, dan janganlah kamu saling tolong-menolang dalam berbuat dosa dan pelanggran. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah SWT sesungguhnya Allah sangatlah berat siksanya.
KESIMPULAN
Dalam pembahasan mengenai kematanagn bersosialisasi sangatlah berpengaruh besar dalam diri seseorang dengan interaksi yang baik dapat menjadiakan kita memiliki klepribadian yang baik pula. Suatu tindakan baru dapat dikatakan sebagai tindakan social apabila subjeknya dihubungkan dengan individu-individu lain. Oleh sebab itu tindakan social merupakan kenyataan social yang paling mendasar. Dengan demikian alangkah baiknya kita dapat bersosilisasi yang baik antara sesama.


0 komentar: