Jumat, 16 Januari 2009

KEMATANGAN KEPRIBADIAN

Dalam pembahasan yang berikutnya ialah tentang Kematangan Kepribadian, dalam konteks inilah saya akan mencoba menerapkan pola dasar kepribadian di dalam kehidupan saya, pada dasarnya kepribadian sangatlah penting bagi setiap individu seseorang dengan kepribadian yang baik itulah hal yang mencerminkan baik tidaknya seseorang dalam contoh: jika seseorang memiliki kepribadian yang baik dia akan senantiasa bersikap ramah dan sopan pada semua orang dengan kepribdian yang baik itulah yang menjadikan dia di sukai semua orang, dan sebaliknya jika seseorang tidaklah memiliki kepribadian yang baik dia tidak dapat menyesuaikan diri dengan orang lain dan bersikap semaunya, hal ini dapat
membutikan kepribadian sangatlah berpengaruh besar dalam kehidupan seseorang.
Menurut beberapa para ahli berpendapat tentang kepribadian, menurut Allport kepribadian ialah: Organisasi yang dinamis dalam individu yang mencangkup system psikofisis yang menentukan penyesuaian diri yang unik terhadap lingkunganya.
CIRI-CIRI KEPRIBADIAN:
1. Memiliki rasa percaya diri
2. Memiliki konsep diri yang positif
3. Tepat waktu/disiplin
4. berani karena benar
5. Intrpeksi diri
6. Dapat menerima kritik dn saran
7. Memiliki daya tahan
8. Cepat bangkit dari keterpurukan
9. Telilti
Dengan ciri-ciri tersebut saya akan mencoba mnenerapkannya di dalam kehidupan saya, dan berusaha dengan sebaik mungkin guna memperbaiki tingkah laku saya yang belum sepenuhnya sadar mengenai konsep kepribadian. Dan dengan kesempatan yang ada saya berusaha mengkonsep ciri-ciri kepribadian itu yang menjadi dasar prilaku dalam kehidupan sehari-hari yang diantaranya:
1. Memiliki rasa percaya diri
2. Tepat waktu/disiplin
3. Dapat menerima kritik dan saran
4. Intropeksi diri
5. Bersih
Dalam beberapa minggu saya mencoba menerapkannya dalam menjalani hari-hari saya dengan menjalani ciri-ciri tersebut saya merasa hari-hari saya menjadi lebih terarah dengan baik dan bisa menjadikan saya sadar akan memiliki kepribadian yang baik, dengan kepribadian yang baik kita akan senantiasa mendapatkan respon yang positif dari seseorang di sekeliling kita.apalagi pada dasarnya nantinya saya akan menjadi seorang guru seorang guru harus nemilliki kepribadian yang baik, karena kepribadian itulah yang dicontoh oleh seorang muridnya, seorang murid akan lebih senang dengan guru yang mmiliki kepribadian yang baik.
Saya teringat dengan salah seorang guru saya sewaktu SMA, bernama Ibu Sri Harnarti beliau mengajar mata pelajaran IPA Biologi, dia mengajar sangatlah tegas, berwibawa, dan kebanyakan dari muridnya takut kepadanya. Namun pada suatu ketika tiba waktunya hari-hari menjelang Ujian Nasional dan kubetulan pelajaran Biologi masuk dalam UN,kita belum menyadari kepribadian yang baik yang di miliki oleh Ibi Sri beliau memang galak, selalu datang tepat waktu tak jarang dari muridnya yang tidak suka dengn beliau, tetapi dengan ketegasan yang dia miliki dapat menghantarkn murid-muridnya dalam keberhasilan dan alhamdulillah banyak dari murid-muridnya yang mendapatkan nilai 9 pada mata pelajaran Biologi, dan disitulah kita semua sadar betapa pentingnya kepribadian itu yang di miliki seorang guru walaupun beliau kelihatan galak dan tidak bersahabat dengan muridnya tetapi dibalik itu semua dia menyimpan suatu pengaruh besar yang dapat menghantarkan muridnya dalam keberhasilan. Demikian sekelumit kisah seorang guru yang memiliki sifat disiplin.
Al-jahizh telah meriwayatkan bahwasannay ketika Uqbah bin abi Sufyan menerahkan anaknya kepada seorang guru, ia mengatakan, “hendaklah yang pertama kali engkau lakukan untuk memperbaiki anakku adalah memperbaiki akhlakmu sendiri, karena penglihatan mata mereka adalah tertumpu pada penglihatanmu: apa yang baik pada mereka adalah apa yang menurutmu dianggap baik dan jelek pada mereka adalah apa yang menurutmu dianggap jelek. Ajarkan kepada mereka biogrfi orang-orang bijak dan akhlak orang-orang berbudi : ancamlah mereka dengan diriku dan didiklah mereka tanpa membandingkan dengan diriku :jadilah engkau seorang dokter yang memberikan resep obat sampai mengetahui penyakit pasien yang di derita , janganlah engkau membtasi diri hanya pada suatu yang tak bisa ku lakukan, karena aku telah mempercayakan sepenuhnya anak-anak.
Didalam buku Character Building Guru PAI dituliskan:
Keriteria Kepribadian yng matang diantaranya:
1. Perluasan perasaan diri maksudnya adalah, seorang guru perlu terlibat dalam berbagai aktifitas. Aktifitas itu sangat besar nilainya dari pada suatu pendapatan yang diperoleh semakin banyak terlibat dalam kegiatan maka ia akan semakin sehat secara psikologis.
2. Hubungn diri yang hangat dengan orang lain, orang yang sehat secara psikologis mampu memperlihatkan keintiman terhadap orang tua, anak, patner, teman akrab. Ia akan merasakan perkembangan diri semakin baik.
3. Kematngan Emosional, sifat dari kepribadian yang sehat adalah: penerimaan diri, menerima emosi manusia, mampu mengontrol emosi sendiri, sabar terhadap kekecewaan.
4. Orang yang sehat memandang dunia mereka secara objektif, dapat menerima realitas apa adanya
5. Keterampilan-keterampilan dan tugas-tugas, keberhasilan dalam pekerjaan menunjukan perkembangan keterampilan dan bakat tertentu suatu tingkat kemampuan.
6. Pemahaman Diri, dapat memahami kepribadian, watak, Mengenal bakat-bakat alamiah yang dimiliki serta punya gambaran atau konsep yang jelas tentang diri sendiri dengan segala kekuatan dan kelemahannya.
7. Filsfat hidup yang mempersatukan.
Dalam buku peraturan materi Pendidikan Nasional no : 16 th 2007 dijelaskan bahwa guru yang memiliki kepribadian sebagi berikut:
1. Bertindak sesuai dngan norma agama, hokum, social dan kebudayaan nasional Indonesia.
2. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat,guru harus jujur, tegas dan manusiawi.
3. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
4. Menunjukan etos kerja, tanggung jewab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya diri.
5. Menjunjung tinggi kode atik profesi guru.
Pada program yang telah saya jalankan ini tentang kepribadian, Alhamdulillah saya dapat menjalankannya dengan baik dan dapat memperbaiki tingkah laku dan pola pemikiran saya dalam suatu hal kearah yang lebih baik. Tetapi setiap manusia tidaklah sempurna masih banyak kekurangan yang ada dalam diri saya, program ini baru terlaksana sekitar 80% Dan saya akan berusaha untuk dapat meningkatkan kepribadian yang ada dalam diri saya untuk tebih baik lagi
KESIMPULAN
Dengan demikian pola Kepribadian haruslah ada pada setiap diri manusia seorang yang memiliki kematangan kepribadian yang baik ialah seseorang yang memiliki cita-cita, tujuan, dan program baik dalan jangka pendek maupun dalam jangka panjang di dalam kehidupan sehari-hari. Dan disinilah sebagai calon guru Agama Islam sangatlah penting untuk memperluas karakter yang memiliki kematangan kpribadian yaitu :
Mengenal diri sendiri, dapat mengenal kelebihan dn kekurangan dirinya, mengenal cirri-ciri fisik dalam dirinya, bersyukur atas kelebihan dan kekurangan dirinya mengenal kepribadiannya, mengenal bakat yang dimilikinya dan mau mengembangkan bakatnya, memiliki rasa percaya diri, memiliki konsep diri yang positif, tpat waktu/disiplin, berani karena benar, intropeksi diri, dapat menerima kritik dan saran, memilikidaya tahan dan cepat bangkit dari keterpurukan, teliti, rapih, bersih. Cara memupuk kematangan kepribadian dengan memperkenalkan konsep-konsep dan visi misi dari sebuah system pendidikan pada diri sendiri yang menjadikan kita selalu berfikir positif dalam memandang sesuatu.
Dengan adanya pola yang baik dapat menjadikan manusia senantiasa bersyukur atas apa yang ia miliki dan dapat menjadikan pengalaman atas suatu peristiwa yang dialami, demikianlah beberapa penjelasan yang dijelaskan diatas semoga dapat dijadikan sebagai renungan dan pelajaran yang bermanfaat bagi kita semua apabila ada kekurangan dalam tulisan ini saya ini saya menerima kritik dan saran yang bersifat membangun untuk memperbaiki tulisan saya ini.

0 komentar: