Jumat, 16 Januari 2009

Ketakwaan

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menerapkan tentang ciri-ciri ketaqwaan di dalam kehidupan saya, sebelum kita membahas lebih mendalam tentang ketaqwaan saya akan mencoba menjelaskan pa itu pengertian dari ketaqwaan……….? Secara harfiah arti dari ketaqwaan yaitu hati-hat,ingat,mawas diri dan waspada.jadi bisa dikatakan pula taqwa itu ialah suatu hubungan antara manusia dengan Tuhannya, dimana tidak boleh terdapat hubungan benci.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia pengertian taqwa yaitu:
1. Terpeliharanya sifat diri untuk tetap taat melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangannya.
2. Keinsyafan yang diikuti kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya
Dari pengertian tersebut kita dapat menyimpulkan Ciri-ciri dari taqwa yaitu:
1. Beriman hanya kepada Allah SWT
2. Mendirikan shalat 5 waktu dan tepat waktu
3. Puasa wajib dan sunah
4. Membayar zakat
5. Melksnakan haji
6. Bisa membaca Al-quran dengan baik dan benar
7. Dapat menghafal Al-quran minimal juz Amma
8. Dapat menterjemahkan minimal Ayat-ayat pendek dalam Al-quran
9. Mmpu memahami kandungan Al-quran
10. Mengamlkan isi Al-quran
11. Tidak berfikir Sekuler
12. Berpakaian muslim bgi laki-laki dan dan berpakaian mulimah bagi prempuan
13. Menjaga persahabatan secara islami
14. Tidak melakukn zina
15. Tidak berjudi
16. Tidak melakukn korupsi, kolusi, dan nepotisme
17. Menundukan kpala dan merendahkan pandangan
18. Tidak melakukan tindkan yang sia-sia
19. Mengutamakan kebenaran
20. Sabar dan ikhlas
21. Tidak suka berkata kotor, ghibah dan namimah
22. Diam dan ingat Allah
23. Mengerjakn apa yang di kerjakan
Dengan ciri-ciri yang telah saya ketahui saya mencoba menerapkan Program tersebut di dalam kehidupan saya setidaknya saya menerapkan beberapa dari ciri-ciri dari ketaqwaan itu dalam program sehari-hari saya yaitu:
1. Mendirikan Shalat 5 waktu tepat waktu
2. Beriman hanya kepada Allah SWT
3. Menjaga persahabatan secara islami
4. Menundukan kepala dn merendahkan pandangan
5. Sabar dan ikhlas
6. Diam dan ingat Allah SWT
Dalam beberapa minggu saya menjalani program ini banyak sekali perubahan yang terjadi dalam hari-hari saya, saya dapat menyadari pentingnya nilai-nilai keislaman yang mendorang ketaqwaan dalam setiap langkah kehidupan saya dan saya dapat mengolah kematangan spiritual saya dan dapat mewujudkannya dalam kehidupan saya, di dalam Al-quran dijelaskan “ Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan taqwa pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi tetapi tetapi jika mereka mendustakan ( ayat-ayat kami) maka kami siksa mereka karna perbuatannya.”(QS.Al-Araf ayat 96). tetapi program ini belum berjalan semaksimal mungkin masih dalam pertahapan sekitar 75%, banyak hal yang menghambat program saya entah kemalasan dalam diri dan godaan-godaan yang senantiasa bersemayam dalam diri tapi dengan ini semua saya dapat berusha menjalani khidupan saya menjadi lebih baik.
KESIMPULAN
Pada Hakikatnya setiap diri manusia memerlukan ketaqwaan yang mendalam yang menjadikan manusia sadar akan pentingnya manfaat dan tujuan dari ketaqwaan di dalam kehidupannya. Dari setiap perjalanan hidup banyak hal positif yang dapat diambil untuk dapat memperbaiki kesalahan, karna dari pengalaman itulah adalah guru yang paling berharga dalam kehidupan kita. Character taqwa harus dimiliki oleh kita sebagai seorang guru apalagi nantinya kita akan menjadi seorang guru Agama Islam, karna taqwa merupakan nilai-nilai universal yang harus dimikili oleh setiap guru agama dimanapun kapanpun dan dengan siapapun.
Semoga penjelasan yang telah saya uraikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan dapat belajar dari pengalaman saya dan juga dapat memotivasi diri anda, apa yang saya tulis ini semata-mata untuk pembelajaran. Apabila ada Kritik dan saran yang bersifat membangun pada tulisan saya ini saya akan menerimanya.

0 komentar: